Street Art Dakwah: Syiarkan Islam Lewat Tembok

Di akhir bulan Mei 2017 kemarin, tepatnya beberapa hari menjelang ramadhan, sekelompok anak-anak muda penggiat seni graffiti di atas tembok yang berada dalam naungan Street Art Dakwah (SAD) menggelar unjuk karya perdana mereka kepada masyarakat umum. Sesuai dengan nama komunitasnya, kegiatan para bomber (sebutan untuk pelaku seniman grafiti) muslim ini tidak akan jauh dari corat-coret tembok, namun tentu saja tidak asal mencoret, karena dalam setiap karya yang mereka hasilkan ternyata berisi konten tertentu berupa pesan kebaikan, syiar islam.

Simak yuk wawancara Hijabographic dengan Yuliyani atau kerap disapa Yani, salah satu bomber muslimah yang juga merupakan aktivis Street Art Dakwah.

1. Hai, bisa ceritakan sedikit gak tentang project baru kalian kemarin? Goals utamanya apa?
Alhamdulillah, kemarin kita baru saja first jamming di Bandung, tepatnya Dago Timur. Buat yang enggak tau jamming itu apa, jamming itu kalo kata anak-anak Street Art artinya gambar bareng. Jadi kemarin kita gambar bareng dalam rangka menyambut Ramadhan. Alhamdulillah karena ini memiliki misi dakwah dan kebaikan, disambut baik oleh warga sekitar. Goals utamanya adalah untuk mengajak warga sekitar dan masyarakat luas menyambut Ramadhan lebih baik lagi.

2. Siapa saja yang terlibat dalam project ini?
Yang terlibat di sini ada belasan street artist, baik itu grafitti dan mural yang tergabung di komunitas street art dakwah. Mostly dari bandung.

3. Suka dukanya apa aja saat menjalani project kemarin?
Suka dukanya? Wahh lebih banyak suka nya ini mah hehehe. Suka nya adalah kita benar-benar disambut baik oleh warga sekitar. Disediakan sirop, bala-bala (gorengan), sampe makan siang pun ada. Bahkan yang dari luar kota sudah disediakan tempat menginap. Masya Allah banget deh hehe. Juga kita ngelihat euforia anak-anak yang juga ikutan coret-coret tembok dalam rangka dakwah, the next street artist dakwah lah. Hehehe..

4. Next nya mau bikin apalagi?
Belum ada rencana lagi sih dalam waktu dekat. Cuma insya Allah kita akan jamming setahun sekali, di luar itu silakan para street artist dakwah yg lain berkarya di kota masing-masing, nanti akan di repost akun instagram street art dakwah.

5. Oiya tentang SAD ceritain dong gimana awal mula terbentuknya? tujuannya apa dan bagaimana jika mau menjadi bagian dari anggota SAD?
Awal mula terbentuknya, dari keresahan diri sendiri dan ingin memperluas syiar lewat tembok, karena Indonesia luas dan banyak street artist nya jadi bisa mengajak mereka untuk membuat konten yang positif juga banyaknya pertanyaan, “gimana caranya biar bisa ikutan berdakwah di tembok?” akhirnya dikumpulkanlah berbagai street artist dari berbagai daerah, yang mereka ini masih proses hijrah, tapi pengen hobi nya itu untuk berdakwah. Dari situ akhirnya ada inisiatif buat first jamming di Bandung kemarin sebelum puasa. Tujuannya adalah untuk mewadahi street artist yg ingin berdakwah lewat karya, juga semoga banyak street artist lainnya yang ikut hijrah dan berdakwah lewat tembok. Cara ikutnya gampang kok hehe, berkarya yg bernilai dakwah di kota masing-masing lalu tag akun kita @streetartdakwah . Kalau ada jamming lagi insya Allah kita undang dan kabari hehe..

6. Yang sebagian masyarakat pahami, kegiatan mural / grafiti kan termasuk bagian dari aksi vandal (tidak berizin, tidak berfaedah, merusak lingkungan). Gimana menurut kalian menyikapi hal ini?
Kalo saya pribadi tidak terlalu mempermasalahkan opini tersebut. Yang kita liat juga masyarakat seneng kok ada street art asal dengan etika dan tujuan yang jelas, misalnya pas jamming kemarin di Bandung. Warga sekitar begitu antusias menyambut kehadiran kami, padahal kita street art juga. Bedanya kita tetap menunjukkan adab yang baik sebagai seorang artist muslim, kita sampaikan tujuan niat baik membuat karya yang semoga bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Karena memang pada dasarnya tidak bisa dipungkiri bahwa street art identik dengan hal yang negatif, dengan adanya SAD ini kita berharap bisa merubah pandangan negatif menjadi postif.

7. Apa cita-cita terbesar yang ingin kalian wujudkan?
Cita-cita ke depannya semoga dengan adanya Street Art Dakwah ini dapat menjadi penyemangat kepada seluruh street artist muslim agar mereka bisa berkontribusi menyumbangkan karya-karya terbaiknya untuk dakwah dan kemenangan Islam (aamiin!)

8. Terakhir, menurut kalian, bentuk dakwah yang baik untuk menggaet anak muda masa kini agar dapat diterima seperti apa sih?
Berhubung sekarang era digital, menurut kita strategi dakwah yang pas memang via ranah visual. Berdakwah, tanpa harus menggurui. Terkadang lewat karya-karya visual kita bisa tersenyum sambil memuhasabahi diri. Apalagi dunia visual saat ini sedang banyak digandrungi oleh anak muda. Pas banget deh, kita menyampaikan dengan bahasa mereka, yaitu bahasa visual.

9. Well, terima kasih atas waktunya Yani, lain waktu kita ngobrol-ngobrol lagi Ya !
Siap, sama-samaa. Allahu yubarik fiik 🙂

Instagram: https://instagram.com/streetartdakwah/

Interviewed by : oryza25

 

Ilustrasi Berkarakter ala Simplelooklet

Sederhana dan Berkarakter! Yap, itulah kesan pertama saat melihat karya-karya ilustrasi Febri atau yang lebih dikenal dengan @simplelooklet di sosial media. Saat bertemu Febri dalam sebuah kesempatan acara Hijabographic, ia juga tampak pemalu dan tidak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *